Minggu, 23 Mei 2010

[Cerita hari ini] Tentang Kita dan RBA

Minggu, 23 Mei 2010

Bismillah...

Hari ini, hari yang kutunggu bertambah satu tahun usiamu bahagialah kamu...(kok jadi nyanyi...^^)
Hari ini memang hari yang ditunggu karena hari ini RBA Tegal punya acara, yup ada Lomba Cipta Puisi dan juga Nonton Bareng "Garuda di Dadaku".

Start pukul 06.00 teman-teman panitia sudah mulai sibuk dengan tugasnya masing-masing, ada yang bolak-balik angkutin perlengkapan ke TPQ karena perlengkapan memang disimpan di rumah salah satu panitia. Ada yang mulai bersih-bersih dan menata tempat untuk lomba dan nonton bareng. Ada yang masangin spanduk. Ada yang muter-muter cari tempat fotocopy yang sudah buka, pagi itu jadi pagi yang sibuk buat kita.

Pukul setengah delapan peserta lomba puisi mulai berdatangan, satu...dua...tiga... dan akhirnya ada 15 peserta lomba cipta puisi yang ikut berpartisipasi hari itu dan semuanya perempuan (kemana nih yang laki-laki???). Sempat was-was karena hingga H-1 baru 5 orang yang mendaftar lewat sms, alhamdulillah ternyata ada 3 kali lipatnya setidaknya memenuhi setengah target kami yaitu 30 anak. Pukul 09.00 lomba dimulai dan peserta diberi waktu 60 menit untuk menciptakan puisi karya mereka dengan tema "Aku Suka Membaca". Bermacam-macam ekspresi terlihat di wajah mereka, ada yang senyum-senyum sendiri, ada yang bingung karena memang dadakan ikut lomba dan macam-macam ekspresi lainnya. Dan ternyata waktu yang diberikan masih tersisa beberapa menit, beberapa peserta sudah menyelesaikan karyanya kurang dari satu jam.
Akhirnya pukul 10 lomba Cipta Puisi ditutup, peserta dibubarkan tapi dipersilahkan jika ingin membaca-baca buku koleksi RBA sambil menunggu waktu pengumuman yaitu sebelum acara Nonton Bareng.
Giliran dewan juri yang bertugas menilai hasil karya peserta, ada tiga dewan juri yang menilai hasil karya yang kesemuanya sangat berkompeten di bidangnya khususnya puisi dan sastra. Meski lomba yang kami selenggarakan masih kecil lingkupnya tapi kami ingin membuktikan bahwa kami tidak main-main dengan menghadirkan juri-juri yang berkompeten.

Menjelang dzuhur cuaca nampaknya mulai kurang bersahabat, mendung mulai menggelayut di langit Pangkah tapi semua tak menyurutkan semangat teman-teman. Tempat sudah siap, snack sudah siap, film sudah siap dan yang pasti ditunggu pengumuman hasil lomba juga sudah siap. Baru satu dua tiga anak yang hadir di tempat nonton, panitiapun sempat keliling mencari anak-anak untuk segera hadir karena film akan segera diputar. Tik...tik...tik... bunyi hujan di atas genting...(ternyata tetesan air dari langit mulai berjatuhan ke bumi) dari gerimis kecil sampai akhirnya hujan. Mungkin karena hujan jadi banyak anak-anak yang belum datang, sempat was-was lagi karena takut acara akan mundur dari jadwal. Alhamdulillah...akhirnya hujan mulai reda dan anak-anakpun mulai berdatangan, was-waspun mulai memudar berganti senyum dan rasa lega dalam hati.

Sebelum pemutaran film dewan juri yang diwakili oleh Kak Abu Ma'mur MF akan mengumumkan pemenang lomba cipta puisi, dan pemenangnya adalah....(jreng...jreng...jreng....):
Juara 1 Wulan Mediana
Judul: Membaca Gudang Ilmu Bagi Manusia

Juara 2 Amarila Zahratun Nisa
Judul: Membaca

Juara 3 Fita Handasati
Judul: Bacalah

Juara harapan 1 Izzatus Sany
Judul: Menggapai Dunia Lewat Baca

Juara harapan 2 Dwi Ayu Lestari
Judul: Membaca Bermanfaat

Juara harapan 3 Indy Abella Rezi Susanti
Judul: Peri Buku dan Sekolahku

Selamat untuk para pemenang, semoga bisa terus berkarya dan memberikan manfaat. Untuk juara 1,2 dan 3 ada tropi dan uang pembinaan sedangkan untuk juara harapan ada bingkisan dan uang pembinaan. Semua peserta nantinya akan mendapatkan piagam penghargaan yang dipersembahkan oleh RBA Tegal dan TPQ Fastabiqul Khoirot

Kini saatnya bioskop RBA segera dimulai, para penonton harap tenang...^_^
Kurang lebih satu setengah jam pemutaran film dan diakhiri dengan pembagian doorprize. Meski satu acara akhirnya terlewat tapi semuanya berjalan lancar, anak-anak kembali kerumah dengan segala tawa mereka dan hujanpun turun dengan derasnya menyisakan cerita hari ini tentang kita dan RBA.

Besok 24 Mei 2010 RBA Tegal tepat berusia 1 tahun, rentang waktu yang masih teramat singkat untuk menguji keberadaannya. Meski kecil semoga keberadaan RBA Tegal bisa memberikan manfaat yang besar. Mohon selipkan kami (RBA) di untaian doa teman-teman, semoga kita bisa terus berbagi dan memberikan manfaat untuk sekitar kita. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar